anda tanya…saya jawab…

jika ada pertanyaan…silakan comment disini…

InSYA ALLAH jika saya mampu…saya akan coba bantu semampu saya…

makasih atas kunjungan anda…

eh ya..karena saya jarang bgt OL lg…klo mau cpet perlu…silakan kirimkan pesan anda k

FB saya “Rahma Windy Hapsari”…

ato follow tweet saya “hapsari26”

ato sms aja ke “081952742606”

ato silakan invite Pin BB saya “26b6110b”

ditunggu…makasih buat kunjungannya yaaa..

mohon maaf atas segala komentar yang tak terbalas…

 

134 thoughts on “anda tanya…saya jawab…

  1. buku yg paling penting di pake di kebidanan apa cie kak? truz klo mw browsing video or gambar kebidanan enak na dmana?
    aq cari video embriotomi ma manual placenta susah bgt

    • ass…mbk adk mau tanya ,tlong terbitkn cara penjepitan tali pusat yang terbaru bagus menggunakan umbilikal atau dengan benang steril mbk..??
      mksh sblmnya mbk

  2. bwt mba dewi makasih kunjungannya ya…
    buku yg pling penting kayanya sih buku ilmu kebidanan nya sarwono prawihardjo yayasan bina pustaka..nah kalo untuk video sih saya belum nyampe ksana utk cari link nya…
    klo makalah mungkin udh ada..
    mkasih buat masukannya…klo smpat nyari nanti saya krimkan k email mba…

  3. tanya hubungan pre-eklampsia dengan pengetahuan ibu tapi menurut penelitiannya. thx ya mba sebelumnya

  4. saya baru menikah 2 bulan lalu, saya terakir haid tgl 31 maret, bulan 5 saya tdk haid. trs tgl 3 mei saya cek hasilnya fositif. tp tgl 13 saya kayak haid tp perut saya terasa skt bgt. tp pas saya chek hslnya msh fositif. kira2 saya masih hamilatau tidak?

  5. sy memakai kontrasepsi susuk, tapi haid sy jd tdk teratur,jd panjang bs 12hari..kadang hampir tiap hr keluar bercak..gmn cara mengatasiny??apa ada terapi agar siklus haid sy bs jd teratur? sy pernah dengar bs dterapi dg dtambah minum pil KB kombinasi? apa benar y?? kl benar pil kombinasi yg bgmn y? apa yg dr KB Andalan itu yg u 28 hr? tolong dbantu y..makasi

    • memang tiap2 wanita itu punya hormon yg berbeda2…kata yg 1 cocok dgn kontrasepsi ini…
      tp yg lain belum tentu cocok…
      siklus haid yg panjang merupakan salah satu contoh efek samping penggunaan kontrasepsi..
      sebelumnya mba sdh pernah melahirkan belum?pernah ada riwayat kista?
      utk cara mengatasinya memang salah satunya dengan pil kombinasi yg 28 pil..

  6. bagus2 banget mbak mkalah2nya…bisa minta alamat FBnya gag supaya tar sy bisa tanya2…

    sya lg cari makalah ttg vakum ekstraksi, tp gag da di blognya mbak hapsari

  7. ka’ bku yg bgus tuk kebidanan itu apa ya ???

    o ya kak kasus yang mdah untuq buat ANC trisemester 3 pa y ???
    tlng d jwab eah kak …..

    • buku ilmu kebidanan nya sarwono prawirohardjo tu lengkap deeh…
      kalo kasus itu banyak aja…yg enak kalo lgsg ada pasiennya…biar kt bs lgsg liat tanda gjalanya…

      • mkdeh eag mbaq…., kira2 bku pa z lg mbaq yng bgus….

        km blum prakteq ibu hamil langsung ka…
        klo kelainan letak kepala
        itu sulit nggaq mbak ???

  8. assalamu’alaikum…
    mbak, saya mo nanya, apakah DPT punya beberapa jenis ya? anak saya skrng 2,5 bln mau imunisasi DPT dan HiB tgl 23 Sept nanti. saya ditawari utk DPT yg bagus tapi mahal, harga sekitar 500rb termasuk HiBnya. jenis DPT apa ya mbak? bisa dibeli di apotik sendiri ngak? mereknya apa ya? rencana nya mo suntik sendiri aja, karena mama saya jg bidan. terima kasih infonya.

  9. salam kenal………..
    mbak saya mw tanya..apakah penyebab haid tidak lancar???jaraknya bisa sampai 3 bulan se-x…
    komplikasi pa mbak yang bisa terjadi????kemudian apakah solusi yang tepat?????????/

  10. mba, kebetulan saya gabung di lsm sapa (lsm tentang kesehatan ibu dan anak). banyak yang menanyakan pas usia kandungan 2 minggu kurang, bumil sering keluar bercak darah?
    pertanyaannya
    1. apa penyebabnya?
    2.normal ga?
    3. apakah setiap bumil begitu?
    mohon jawabannya…
    terima kasih

    • wlkmslm…sblmnya maaf mba zizah…kasusnya apa dl…klo atonia uteri kan kt hrus mlakukan pnanganan KBI kBE dl…klo solutio plasenta kan manual dl….trgantung ksus mba…

  11. muph mbak…. ayi kul di kebidanan… ckarang lagi pusing cari manajemen untuk persalinan yang menggunakan 7 langkah varney… dah coba cari tapi ketemunya pendolkumentasian SOAP doank… kira2 bisa cari dimana ya mbak???
    makasih mbak sebelumnya…

    salam kenal ayi…

    • jarang bgt sih klo persalinan itu mnggunakan dokumentasi varney…biasanya mnggunakan dokumentasi SOAP..
      tp bedanya cuma dr assessment yang pda varney dituliskan interprtasi data…dan ada penambahan diagnosa potensial, antisipasi tindakan segera dan pada planning dijabarkan dgn perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi…

  12. wlkmslm…sblmnya maaf mba zizah…kasusnya apa dl…klo atonia uteri kan kt hrus mlakukan pnanganan KBI kBE dl…klo “solutio plasenta” kan manual dl….trgantung ksus mba…

    Maaf, saya numpang lewat ya. mungkin maksudnya Retensio plasenta. Solosio plasenta terjadinya plasenta yang lepas sebelum persalinan kan atau setidaknya terjadi sebelum bayi lahir.

    Manajemen kebidanan adalah pendekatan bidan terhadap kasus yang ditanganinya, semua kasus apapun bidan pasti menggunakan 7 langkah manajemen varney, walaupun sering si bidan tidak menyadari langkah 1 s.d 7 yang telah dilakukannya. Nah…untuk dokumentasi, manajemen yang telah dilakukan tadi dituliskan dengan metode SOAP yang dianggap paling gampang. namun untuk keperluan proses belajar, mahasiswa sering diminta untuk menuliskan manajemen varney yang telah diterapkan pada kasus yang ditemukan.

    Sekali lagi sy mohon maaf, jika tidak berkenan.

  13. assalamualaikum wr wb
    saya ingin konsultasi tentang isteri saya mengenai payudaranya yg lecet karena menyusui jadi sakit kira kira apa obat nya mbak. mohon jawaban dari mba hapsari terima kasih

    dari bpk saipul anwar

  14. saya pengen banget masuk blog kamu, tapii aku belum tahu carannya.oo ia kalo kamu da oL tlng ya di add dulu FB aku wiwonaripin.di tunggu

    • bidan profesional sndiri adalah bidan yang mnjalankan tugas sesuai wewenang dan kode etik kebidanan…
      salah satu contohnya…ada pasien yg ingin menggugurkan kandungan,,,pdhl pasien itu dikenaloleh bidan…tp karena bukan wewenang bidan maka bidan secara profesional menolak permintaan pasien tsbt…mungkin itu slh stu contohnya..

    • mmm…kalo udh 42 minggu bahaya tuh mba…soalnya plasenta yg jd makanan bayi d dalam rahim fungsi nya udh brubah n udh mulai ga brfungsi…jd sbaiknya kalo udh lewat dari perkiraan 10 harian paling lmbat…segera USG…biasanya dokter bakal kasih rujukan ke rumah sakit untuk diinduksi atau jika kondisi ibu dn bayi tdk mmungkinkan bs dilakukan SC…

  15. mbak, apa benar KB suntik yang 3 bulanan dapat mengurangi gairah untuk bercinta karena vagina menjadi kering ?, terus solusinya gimana mbak, karena katanya KB suntik yang satu bulan sama pil mengganggu kelancaran Asi?

    • kalo pertanyaan suntik 1 bulan dan pil mengganggu kelancaran ASI…btul itu…
      kalo suntik 3 bulan mnggangu sex itu masih blm pernah saya dengar sih…mungkin itu hanya sekedar isu yang ga bertanggung jwb…silakan dcoba aja dl mba..dan jangan mbuat hal itu mensugesti anda…sblum anda mncoba sendiri…

  16. mba.. saya lagi nyusun tentang kebersihan alat reproduksi selama masa nifas..
    tapi bahan na dikit banget mba..
    saya pusing judul yg di acc dosen saya kok yg ini..
    mba ada gak buku tentang kebersihan alat reproduksi?????
    pengertian kebersihan alat reproduksi aja gak tau mba.. hehe
    mba tolongiiinnnnnnnnnnnnnnnnnn

  17. mbak .. Bisa tolong ..
    tentang JURNAL gak tentang termoregulasi pd bayi baru lahir

    dalam bentuk penelitiannya

    mahasieh
    salam kenal ^_^

  18. ass…. mbak,sekitar 2 bln lalu saya positip hamil,tapi ternyata baru 4 mggu keluar darah seperti menstruasi,selama beberapa hari,setelah saya cek ke doktr kandungan ternyata saya keguguran dan saya di berikan obat untuk mmbersihkan sisa kehamilannya,tetapi setelah sebulan menstruasi saya datang tapi tidak lancar yang keluar hanya flek2 saja,sampai sekarang,mohon penjelkasan dan bantuannya.

    • wa’alaikumslm…mksh atas kunjungannya k blog saya…
      ya…memang abortus/keguguran sering tdk diketahui tanda dan gejalanya…
      tp setiap kejadian abortus itu ALLAH memang sdh kasih yg trbae..karna kalaupun hidup bayinya akan cacat..makanya abortus merupakan seleksi alam untuk mengurangi angka kecacatan…
      mungkin saat itu anda kecapean…atau makan yang kurang teratur…
      anak keberapa mba?

  19. ass wr wb.
    mbak,sya mhasiswa kbidanan smster 3.sya mau tanya ttg rncana asuhan bayi bru lahir 6 minggu pertama tuh sprti apa ya?
    tlong ya mbak.mksh

  20. mba,
    kalo asken tumbang itu normal itu berkisar tentang apa ?
    maksudnya masalah yang sering muncul tapi yang normal,
    mohon bantuannya..
    terimakasih

  21. aslkm ukhti… sblmnya ana mau knlan dlu ana mhsswa DIII Kebidanan bukittinggi…
    ana mau nanya ukthi ttng hipotesa ibu brslin dgn KPD??

  22. terima kasih windy, dk istri ane hamil lagi, anak baru umur 1 tahun ada pengaruh gak terhadap janin masalahnya anak lagi kencang2nya nyusu.

  23. apakah memang sangat diperlukan untuk imunisasi DT pd anak usia 5-10 th? fungsi utama imunisasi DT itu apa?
    karena di sekolah anak sy akan diadakan itu & apakah kl anak sy saat ini sedang pilek apakah boleh utk mengikuti imunisasi tsb? tx

  24. Siang mba, Z mau tanya ni. Z punya teman cewe (belum menikah) N umur’x masih 19 tahun tapi dia suda menderita penyakit Infeksi Rongga Panggul, kadang keluhannya itu nyeri dibagian perut bawah’x sampai2 dy harus teriak2 N bergelinjang klo lg menahan sakit N kejadian itu Z suda lihat lansung N sakit’x itu berlansung biasa selama 1 minggu. yang Z mau tanyakan apa penyebab sampai teman cewe Z itu mengalami penyakit Infeksi Rongga Panggul,.?? N apa solusi’x,.??

    Terimah Kasih Mba atas balasan’x.

  25. heii lam kenal .. ku mo tanya tentang riset kmuh “Hubungan Antara Pengetahuan Orang Tua tentang Pemberian Makan Kepada Anak dengan Kejadian Obesitas pada Balita” boleh liat sof copy nya? … sblmnya thank

  26. aslmkm,saya sedang hamil 6 minggu tp tiba2 keluar darah dari vagina tdk banyak kira2 4-5 tetes.apakah saya dan bayi saya baik2 saja.

  27. bu bidan sy mencari makalah tentang ASKEB pd bayi umur 2-6 hari
    mohon dibantu dan di kirim ke alamat email saya karena saya sngt membutuhkannya sbg bahan ujian skripsi sy minggu depan

    terimakasih sblmnya

  28. assalamualaikum mbk..
    mau nanyak:kalo untuk perawatan tali pusat di dalam buku apa yg paling lengkap ya mbk?

  29. Hubungan Antara Pengetahuan Orang Tua tentang Pemberian Makan Kepada Anak dengan Kejadian Obesitas pada Balita
    keren sih mbk !!!
    aku lgi binggung ambil judul apa ???
    referensinya ini dibuku apa ajah ??
    plisss kasi tau ya mbk ??

    aku juga mintak kumpulan judul2 KTI tentang balita..
    thnks

  30. tolong bantu sy buat kerangka teori buat KTI. judulnya hubungan paritas dengan pengetahuan ibu. makasihh bnyak….

  31. salam kenal,
    saya ikut terbantu dengan makalah yang ditulis, terutama tentang thermoregulasi BBL, klo boleh minta dishare juga daftar pustakanya, untuk daftar pustaka TA saya juga he..he…
    Thanks a lot and best regards,
    msoleh

  32. mmmm…bantu saya mbak..saya gak ngerti tentang pendekumentasian KBI dan KBE…. dan kek mana bentuk pendekumentasiannya??? apa mirip seperti SOAP atau pun VARNEY????
    mohon di jawab secepat mungkin ya mbak??

    • mungkin maksudnya pendokumentasian asuhan ibu bersalin dengan KBI KBE ya….pendokumentasiannya biasa saja tapi asuhannya yang berbeda…bukan seperti asuhan persalinan normal….karena KBI dan KBE itu dilakukan saat terjadi perdarahan pada saaat persalinan ataupun pst partum…

  33. mmm bantu sya mbak…
    saya blum bisa nemuin karakteristik ibu nifas dengan pre eklamsi berat?????
    kalau mbak punya tlong di balas y mbak….bantu saya y mbak, coz saya butuh banget bahan ini ….

  34. ass mba sya mau tnya saya sudah hampir 50 hari nifas , tp ko belum slesai jg yaa mba? ktanya klo sudah kluar darah putih itu tandanya sebentar lgi hbis, tp setelah 10 hari keluar drah putih lalu drah merah sya keluar lgi ?? apa normal mba ?? lalu apakah penggunaan jamu2 nifas itu aman ?? karna saya sdang menyusui dan lhir caesar mbak,,

    mhon penjelasanya !
    trimakasih

  35. kak febry mo tanya,,,,
    low judul KTI y spt ne “Gambaran Asupan Gizi dan Vulva Hygiene pada Ibu yang Mengalami Infeksi Nifas di Puskesma ZZZ

    itu 2 variabel tow 1 variabel kak??
    metode pnelitian’y pake y mna tuh??

  36. tlong bantu sya mbak…
    saya blum bisa nemuin gambaran pengetahuan ibu hamil tentang dampak anemia terhadap pendarahan postpartum?????
    trus tlong sekalian nama buku2’a ya mba’
    kalau mbak punya tlong di balas y mbak….bantu saya y mbak, coz saya butuh banget bahan ini …

  37. tlong bantu sya mbak…
    saya blum bisa nemuin gambaran pengetahuan ibu hamil tentang dampak anemia terhadap pendarahan postpartum?????
    trus tlong sekalian nama buku2′a ya mba’
    kalau mbak punya tlong di balas y mbak….bantu saya y mbak, coz saya butuh banget bahan ini …

    m’f ya mba’ dah ngerepotin….

  38. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Salam kenal. Senang bisa berkunjung.
    Ada sedikit pengalaman kurang menyenangkan berkaitan dengan profesi yang mba geluti. Pada saat istri mendekati lahiran anak pertama (masuk bulan ke-8), bidan yang biasa saya berkonsultasi menyarankan untuk pergi ke RS, disebabkan tensi darah istri saya tinggi 180/100. Karena perlu perawatan istri pun opname di RS. Setelah 3 hari tensi pun sudah normal dan istri diperbolehkan pulang. Administrasi pun diselesaikan. Namun pas mau pulang, eh tiba-tiba kok istri malah terasa mulas, rasa-rasanya mau melahirkan. Ruang persalinan pun akhirnya dipersiapkan, waktu itu sore hari. Namun setelah lebih dari 6 jam menunggu, istri belum juga melahirkan. Padahal bidan yang menanganinya (masih PKL) bilang, sudah pembukaan delapan, tetapi tidak diperkenankan ‘nge-den’. Setelah sekian lama lagi menunggu, akhirnya bidan senior-nya bilang untuk diambil tindakan operasi caesar. Dengan keadaan yang tidak menentu akhirnya saya menyetujuinya dengan meneken surat pernyataan. walaupun waktu itu saya belum kepikiran darimana uang untuk biaya operasinya. Tetapi karena melihat istri yang begitu kelelahan akhirnya saya teken juga.
    Kira-kira jam 11 mlm, bayi kami lahir, dengan berat hanya 2,1 kg. Karena beratnya tidak ideal maka perlu diinkubator. maka bayi pun dibawa ke ruang inkubator.
    Kurang lebih 2 minggu istri dan anak saya dirawat di RS. Setelah nya baru bisa diperkenankan pulang. Setelah mengurus administrasi dan seluruh biayanya. Saya menggunakan Jamkesmas untuk gakin dalam proses pembiayaannya. Saya hanya bisa bersyukur, anak dan istri saya selamat.
    Setelah sekian hari di rumah, saya baru tahu bahwa sebelum istri saya pulang, istri saya disuntik terlebih dahulu, dan itu saya tidak tahu untuk apa. Tetapi melihat respon tubuh yang demikian, sebagai orang awam saya berkesimpulan itu suntikan perangsang. Dengan melihat tanda-tanda bahwa bahwa bayi yang didalam rahim tidak mengalami pergerakan menuju keluar.
    Trauma itu yang saya bawa ke kelahiran anak kedua saya, bidan yang menangani istri saya memberi rekomendasi untuk pergi ke RS, dikarenakan ada bekas luka operasi Caesar. Perlu diketahui juga bahwa jarak kelahiran 2,5 tahun ke anak kedua saya ini. Untuk kelahiran anak kedua saya tensi darah istri normal dan sudah memasuki bulan ke-9. Untuk kali ini saya tidak ikut saran bidan tsb. Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi ma raji (dukun beranak) untuk mengecek istri saya. Ma raji bilang sekitar Dzuhur atau Ashar, insya Allah anaknya akan lahir. Setelah mengetahui seperti itu maka saya mencari bidan lain yang bersedia, akhirnya kami dapatkan. Dengan izin Allah dan bantuan bidan serta ma raji, akhirnya putra ke-2 kami lahir dengan selamat. Sekali lagi saya hanya bisa menyungkur sujud ketika dapat berita anak saya lahir.
    Ternyata tidak sampai situ, 1,5 tahun kemudian istri didiagnosa hamil kembali. padahal kami menggunakan alat kontrasepsi, kondom, hanya Allah berkehendak lain, maka kami pun terima dengan kepasrahan. 9 bulan kemudian istri siap melahirkan, dengan gejala-gejala awal yang sama, tensi tinggi. Menjelang sembilan bulan ketika memeriksakan ke Puskesmas, bidan menyarankan untuk lahir di RS karena ada program jampersal dan kalau ada apa-apa mudah untuk ditangani. Mendekati hari-hari melahirkan saya mendampinginya dan terus support untuk lebih rileks dan senyaman mungkin, alhamdulillah tensi pun relatif normal. Hari H pun datang, saya pun berkeyakinan, bayi ada waktunya keluar dengan sendirinya, dan itu sudah diilhamkan kepadanya, entah bagaimana. Saya hanya berkeyakinan kepada Allah bahwa Allah akan mengatur yang terbaik bagi kami, kelahiran-kah atau syahid-kah untuk istri saya. Saya hanya memberi pesan kepada istri bahwa untuk menuju kesyahid-an itu luar biasa susahnya, dan berbahagialah bahwa engkau menuju kesana. Dengan bantuan seorang ma raji (dukun beranak) istri pun alhamdulillah selamat, dan bayi yang dilahirkannya bun selamat. Puji syukur hanya untuk Allah SWT.
    Saya hanya ingin membagi kesan bahwa anak yang lahir ke dunia fitrah dan punya jalan, (tahu dan kapan) terjadinya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan bentuk materialisasi profesi yang begitu tinggi di zaman sekarang, seringkali menghalangi fitrah tersebut. Sehingga akhirnya yang ditemui kesulitan. Bukannya membagi keceriaan bagi sang ibu hamil tetapi ketidak tenangan, dan kegalauan. Saya meyakini bahwa ilmu yang Allah titipkan ke ibu-ibu bidan itu untuk memudahkan dan membantu bukan malah sebaliknya.
    Ditengah langka-nya berbagai profesi yang menjunjung tauhid di zaman sekarang, saya berharap muncul dari generasi mudanya, salah satuny dari ukhti. Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan.
    Demi untuk umat Manusia dan generasi Rabbani mendatang tentunya, insya Allah.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

    • Subhanallah…syahid yg bgitu mengesankan…tak henti2 bulu kuduk saya berdiri membaca pesan ini pa…insyaALLAH saya harus lebih bisa belajar banyak…supaya bisa membantu orang lebih banyak lagi…nohon doanya ya…mudh2an bapa beserta istri dilindungi ALLAH SWT…amin

  39. sy mau bertanya nich kak’.seorang ibu setiap harinya kerja smentara dia menyusui.ketika dia pulang kerja ia memeras asix lalu diberikan kepada anaknya.pertanyaan sy kak’ apakah asi yg tertampung selama <12 jam masih baik diberikan kepada anakx? blz yah kak.mkasih

    • maaf ya baru kebales ASI perah adalah ASI yang diambil dengan cara diperas dari payudara untuk kemudian disimpan dan nantinya diberikan pada bayi. Menurut Utami, sampai waktu tertentu dan dengan penyimpanan yang benar, ASI tidak akan basi. Misalnya, ASI tahan disimpan di dalam suhu ruangan sampai 6 jam. Jika disimpan di thermos yang diberi es batu, bisa tahan hingga 24 jam. Bahkan, kalau disimpan di kulkas ketahanannya meningkat hingga 2 minggu dengan suhu kulkas yang bervariasi. Jika disimpan di frezeer yang tidak terpisah dari kulkas, dan sering dibuka, ASI tahan 3-4 bulan. Sedangkan pada freezer dengan pintu terpisah dari kulkas dan suhu bisa dijaga dengan konstan, maka ketahanan ASI mencapai 6 bulan.

  40. ass mbak.
    saya tri rahmawati.
    saya ingin tanya,,, tentang 7 lagkah manajemen kebidanan..
    berikah saya contohnya per langkah2nya mbak saya masih kurang paham😦
    makasih mbak sebelumnya🙂

  41. ass…
    mba bisa bantu sya menemukan judul bwt proposal saya???
    sya uda ajukan judul perbandingan pengetahuan ibu bersalin multipara dan primipara tentang teknik menyusui…
    tpi pas konsul d suruh ganti jadi analitik…..
    tpi tetap ma konsepx.tolong na mba pusing..
    makasi ina tunggu ya.
    wss

  42. ass…
    mba saya mw tanya saya sudah positif hamil 1 bulan, minggu kmaren tanggal 29 januari pada malam hari saya mengeluarkan darah cukup banyak sampai celana saya penuh darah dan tembus, keesokan siangnya saya test menggunakan test pack masih positif hamil?? ptanyaan saya apakah saya msh hamil atau sudah keguguran? mohon penjelasannya mba, trims, sri bogor

  43. mohon maaf utk komen2 yg ga bs saya bales di blog krna skrg saya udh jarang bgt OL n buka blog jd silakan aja sms k no saya diatas ya…makasihh buat kunjungan tmen2 smua,,.

  44. assalamualaikum kk….ak wanty,mau tnya dunk….klo mau nyari data ttg jumlah ibu2 yg sdh mnerapkan asi eksklusif di Indonesia, stusnya ap ya?makasih sebelumnya…..

  45. slm knal ya..
    mb sy mhsiswa akbid smster 3 akhir. bingung nih mba mu buat KTI mini riset, mau penelitian apa,bngung?? ngajuin judul ditolak trus, krn blm ktemu masalahnya n kesulitan ambil data.udah kehabisan semangat nih mb..wktunya jg dah mepet.
    bisa kasih inspirasi ga, judul yg menarik dan msalah yg timbul ??

    terima kasih =)

  46. kakk… mau tanya nich. .
    binggung aku kakk… ne aku kan dr anag IPS. . tp d sruhh ortu masug kesehatan.. kira” ada saran gag kakk gimana nanti bisa belajar dgn mudah.. la ne kan msug kulx msih 1,5 bulan lg..jd ada kesempatan buwat cari2 informasi.. tolong kasih saran ya kakk..

  47. salam..
    mbak saya pernah telat haid,,kemudian saya coba pakai test pack hasilnya negatif. akhirnya saya minum obat pelancar haid EM KAPSUL,,selang satu jam keluar darah menggumpal dan keluar seperti embrio. bagaimana ini mbak saya bingung dan tidak mengerti..

  48. ka,mau tanya ak kemarin tanggal 3 oktober 2012 suntik KB tiap 1 bulan sekali dan kanapa udah datang bulan secepat ini ka,,,, maksih

  49. Assalamu’alaikum mbak Rahma,
    salam kenal mbak,
    saya bergerak di bidang elektromedik, mohon informasi atau pencerahan dari mbak Rahma tentang perawatan bayi dengan baby incubator, sehubugan dengan suhu dan kelembaban pada ruangan incubator. Apakah ada acuan atau referensinya?
    terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s